Community Shield Mulai Digelar 1908: Manchester United Juaranya

7 Aug 2016

Community Shield kali pertama digelar tahun 1908 (kala itu namanya Charity Shield). Pertandingan perdana ini mempertemukan juara Liga Inggris, Manchester United dengan juara Piala FA, Queens Park Rangers. Pertandingan ini akan dilangsungkan hari Sabtu (29 Agustus 1908 red) di stadion Chelsea, Stamford Bridge jelang dimulainya liga pada tanggal 1 September 1908 yang dipimpin wasit JT Howcroft dari Bolton (lihat De Telegraaf, 31-08-1908). Queens Park Rangers sendiri berkompetisi, bukan di Divisi-1 (utama) dan juga bukan di Divisi-2 melainkan di Divisi-3 (amatir). Pertandingan ini merupakan ulangan yang mana sebelumnya berakhir imbang (1-1).

Charity Shield adalah pertandingan sepakbola tahunan di Inggris yang mempertemukan juara Liga Inggris dengan juara Liga Amatir. Juara Liga adalah pemenang liga Divisi-1 (divisi utama, sekarang Premier League). Sedangkan Juara Liga Amatir adalah pemenang kompetisi yang diwakili oleh klub-klub di Souther League. Pertandingan ini mulai diadakan sejak tahun 1908 sebagai awal dimulainya liga berikutnya. Pada masa ini Community Shield (sebelumnya bernama Charity Shield) skemanya telah diubah yakni mempertemukan Juara Liga Inggris vs Juara Piala FA (kompetisi gabungan profesional dan amatir) dari berbagai level. Jika juara Liga dan juara FA ditangan satu klub, pertandingan yang akan digelar antara Juara Liga dengan Runner-up Liga.

Manchester United sendiri baru saja tahun ini (1908) menjadi juara baru Liga Inggris (lihat klassemen akhir 1907/1908). Dalam pagelaran Community Shield yang digelar 29 Agustus, 1908, Manchester United berhasil mengalahkan lawannya (4-0). Ini berarti, Manchester United yang baru saja menjadi juara baru liga Inggris sekaligus menjadi juara perdana Piala Community Shield.

Hari ini, Minggu tanggal 7 Agustus 1916 pertandingan Community Shield akan digelar yang mempertemukan Manchester United dengan Leicester, juara baru Liga Inggris. Manchester United saat ini dalam posisi sebagai juara Piala FA sedangkan Leicester, juara Liga Inggris 1915/1916. Sejauh ini Manchester United telah memenangkan Community Shield sebanyak 20 kali, sementara Leicester City baru satu kali (1971). Selamat menonton dan juga selamat mengingat kembali sejarah awal Community Shield. Salam ‘gibol’.

 

*Dikompilasi oleh Akhir Matua Harahap berdasarkan sumber-sumber tempo doeloe.


TAGS Manchester United Juara Community Shield Perdana sepakbola


-

Profil Penulis

akhirmh@yahoo.com

Bergabung dengan Blogdetik sejak 4 Juni 2008, menulis blog di waktu luang. Satu dasawarsa terakhir mempelajari ekonomi, industri dan bisnis sepakbola. Untuk lebih memahami topik sepakbola tersebut, sedang mempelajari sejarah sepakbola di Indonesia.

Follow Me